Selasa, 01 Januari 2019

BERITA VIRAL Silsilah Prabowo Sampai ke Sunan Giri dan Panglima Laskar Diponegoro

BERITA VIRAL Silsilah Prabowo Sampai ke Sunan Giri dan Panglima Laskar Diponegoro

Associated with

BERITA VIRAL Silsilah Prabowo Sampai ke Sunan Giri dan Panglima Laskar Diponegoro Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah sosok keturunan Sunan Giri dan Panglima Laskar Diponegoro. Kabar ini beredar via BlackBerry Messenger (BBM) soal sejarah Giri Kedaton yang merupakan nama jawa dari Khilafah Islamiyah Giri.




Khilafah Giri ini dipimpin secara turun temurun oleh keturunan Sunan Giri, dimana Sunan Giri merupakan Keturunan RasululLh SAW (dari trah/jalur Maulana Ishaq) sekaligus keturunan Majapahit (dari trah Menak Sembuyu).

Khalifah Giri Kedaton bergelar Sunan Giri sebagaimana pendirinya. Khalifah terakhir Giri Kedaton adalah Sunan Giri VIII. Dalam perjalanan sejarah dengan platform siar Islam, terjadi perkawinan antara keluarga Giri Kedaton dengan keluarga Keraton Mataram.

Dari perkawinan antara Giri Kedaton dengan Mataram inilah muncul salah seorang keturunan yang bergelar Kanjeng Raden Tumenggung Kertanegara IV, beliau adalah Panglima Laskar Pangeran Diponegoro Wilayah Kedu.

KRT Kertanegara IV ini memiliki cicit bernama Raden Mas Margono Djojohadikusumo yang merupakan salah satu Founding Father Republik Indonesia, karena beliau adalah anggota BPUPKI.

"Beliau juga menjabat sebagai Ketua DPA RI pertama. Beliau juga merupakan pendiri BNI," begitu penggalan pesan BBM soal sejarah Giri Kedaton, Senin (2/6/2014).

RM Margono Djojohadikusumo mempunyai tiga orang anak yaitu Sumitro.Djojohadikusumo, Subianto.Djojohadikusumo, Soedjono.Djojohadikusumo. Kapten Subianto Djojohadikusumo dan Soedjono Djojohadikusumo termasuk Mayor Daan Mogot gugur sebagai Pahlawan Bangsa dalam Peristiwa Pertempuran Lengkong 1946.

Raden Mas Sumitro Djojohadikusumo adalah arsitek ekonomi Indonesia sejak orde lama hingga orde baru dengan julukan 'Begawan Ekonomi'. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian, Menristek, Menteri Keuangan dan beliau merupakan pendiri Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Untuk mengenang adik kandungnya yang gugur dalam dinas kemiliteran sebagai Pahlawan Bangsa, maka nama almarhum adik kandungnya dinisbatkan nama anaknya yaitu Prabowo Subianto yang saat ini menjadi salah satu Calon Presiden RI. [rim/ok] http://archive.rimanews.com/read/20140602/154287/Silsilah-Prabowo-Sampai-ke-Sunan-Giri-dan-Panglima-Laskar-Diponegoro

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post